Menunggu Film The Da Vinci Code

Semalam, saat jari memencet remot untuk berpindah-pindah saluran tv, saya tanpa sengaja nyasar ke sebuah acara yang tengah me-review pembuatan film The Da Vinci Code. Direncanakan sudah rilis pertengahan 2006, film ini boleh jadi dipastikan merupakan salah satu yang paling ditunggu masyarakat dunia. Saya termasuk pembaca The Da Vinci Code yang menunggu-nunggu film ini.

Dan Brown memang hebat. Novel populer sekaligus kontroversial yang dikarangnya menjadi perbincangan dahsyat di seluruh penjuru bumi. Telah pula menginspirasi penulis lain melahirkan puluhan buku berisi ulasan, kritik, sanggahan, bahkan juga caci-maki. Brown benar-benar berhasil membuktikan klaim The Da Vinci Code sebagai novel “memukau nalar mengguncang iman” dengan mengungkap apa yang disebutnya sebagai “misteri berbahaya” di balik lukisan karya Leonardo Da Vinci.

Novel ini telah diterjemahkan lebih dari 40 bahasa dan menjadi buku terlaris yang konon hanya bisa disandingkan dengan popularitas Harry Potter. Isinya yang sungguh kontroversial mengantarkan The Da Vinci Code menjadi International Best Seller. Reaksi keras bermunculan dari kalangan gereja. Maklum, meskipun karya fiksi, Brown mengklaim bahwa fakta-fakta sejarah yang dikutipnya adalah nyata.

Masalahnya, fakta-fakta sejarah itu meruntuhkan banyak sekali teori dan kepercayaan dalam tradisi Kristen yang telah mengakar selama 2000 tahun. Brown dengan sangat percaya diri mengklaim bahwa berbagai fakta sejarah seputar Yesus, Maria Magdalena, Opus Dei, The Priory of Sion, yang ia tulis dalam novelnya itu, adalah 100 persen benar.

Semua deskripsi tentang karya seni, arsitektur, dokumen, dan ritual rahasia yang dipaparkan dalam novel ini adalah akurat. Begitu Brown menulis dalam pembukaan novelnya.

Apa fakta yang diruntuhkan? Salah satu yang terpenting adalah mengenai Kebangkitan Yesus. Dalam Teologi Kristen dipercayai bahwa setelah mati di tiang salib, Yesus bangkit pada hari ketiga untuk menebus dosa umat manusia. Dalam Injil Perjanjian Baru disebutkan, saksi kebangkitan Yesus itu adalah seorang wanita bernama Maria Magdalena.

Nah, digambarkan dalam The Da Vinci Code bahwa sebelum disalib, Yesus sebenarnya telah mengawini Maria Magdalena dan mewariskan gerejanya kepada wanita itu. Bukan kepada Saint Peter seperti dipercayai selama ini. Yang lebih bikin heboh, dari perkawinan tersebut Yesus mendapat keturunan dari Maria Magdalena. Keturunan Yesus itu masih ada hingga saat ini dan selama ratusan tahun secara rahasia memelihara tradisi gereja dan silsilah mereka.

Brown menulis alur cerita yang begitu padat dan menegangkan; bagaimana selama ratusan tahun itu, Gereja Katolik terus memburu keturunan Yesus karena dikhawatirkan mengancam kekuasaan Gereja Katolik dan gereja-gereja lain yang mengakui Yesus sebagai Tuhan. Adalah sebuah upaya “mengguncang iman” yang sangat serius, ketika umat Kristen di seluruh dunia dihadapkan pada fakta bahwa Tuhan mereka ternyata memiliki istri dan anak!

Banyak fakta-fakta lain yang juga menghebohkan, termasuk cerita mengenai keburukan Vatikan, di mana Paus Yohanes Paulus II ternyata mendukung gerakan Opus Dei, sebuah kelompok Katolik yang tak segan membunuh dengan kejam dalam menjalankan aksinya. Lewat Opus Dei inilah Gereja Katolik berusaha merebut bukti-bukti sejarah mengenai Gereja Maria Magdalena, untuk “menyelamatkan” kepercayaan umum di kalangan Kristen bahwa Yesus adalah Tuhan. Padahal, masih menurut novel ini, ada dokumen yang membuktikan bahwa Yesus “baru ditetapkan” sebagai Tuhan lewat voting di Konsili Nicea, lebih dari 3 abad setelah Yesus wafat. Penganut Kristen mana pun pasti terkejut bila disebut bahwa Tuhan mereka dipilih oleh manusia, dengan cara voting!

Dan Brown bukan saja hebat. Ia juga penulis yang sangat berani. Termasuk dalam mengutak-atik lukisan Leonardo Da Vinci yang disimpulkannya memberi “petunjuk” berupa kode rahasia mengenai Yesus dan Maria Magdalena. Sebutlah lukisan berjudul The Last Supper di mana tergambar ada sesosok wanita yang tak lain adalah Maria Magdalena. Lewat tokoh Robert Langdon, Brown menunjukkan kepiawaiannya memecah kode-kode rahasia itu.

Pro-kontra bermunculan. Konon tak sedikit penganut Kristen yang menjadi “ragu” akan iman kristiani mereka gara-gara membaca novel ini. Karena itu para pakar teologi Kristen berusaha “mematahkan” teori dalam kode-kode Da Vinci yang menurut mereka merupakan konspirasi untuk merusak iman pengikut Yesus. Maka terbitlah buku-buku berisi “fakta sesungguhnya di balik fiksi The Da Vinci Code“.

Lepas dari isinya yang kontroversial, Novel laris ini sekarang tengah digarap menjadi film. Akiva Goldsman menyulap novel Brown menjadi skenario, yang kemudian disutradarai oleh Ron Howard. Keduanya dikenal sebagai peraih Oscar untuk film A Beautiful Mind. Aktor Tom Hanks dan aktris Audrey Tautou dipastikan tampil maksimal sebagai pemeran utama dalam film The Da Vinci Code, yang rencananya sudah mulai edar Mei 2006.

Mereka yang malas tak biasa membaca, tapi pengen tau The Da Vinci Code, pasti akan sangat terbantu dengan film ini. Yang belum baca novelnya bisa menunggu sampai filmnya beredar. Yang sudah membaca seperti saya pasti penasaran bagaimana alur cerita yang sangat menarik dari Dan Brown divisualisasikan. Menyaksikan cuplikannya di tayangan tv kemarin malam itu saja, mata saya sudah tak berkedip.

Mudah-mudahan nonton filmnya bisa setegang membaca novelnya.

Win Dede

Win Dede a.k.a Erwin D. Nugroho. Anak kampung dari pelosok Kalimantan, bermukim dan beraktivitas di belantara Jakarta. Selain menulis dan memotret, jalan-jalan adalah kegemarannya yang lain.

Beri Tanggapan (atau pilih komentar via akun media sosial)

Loading Facebook Comments ...

82 tanggapan untuk “Menunggu Film The Da Vinci Code

  • 3 Juli 2007 pada 6:32 pm
    Permalink

    Baca juga da Vinci Hoax dehhh …… !!!
    Si Jesu Me cum Est Quis Contra Me ? He he he ….

    Balas
  • 6 Agustus 2007 pada 9:09 pm
    Permalink

    Baca Alkitab yah Nak…..
    GBU…
    Jesus Love You

    Balas
  • 16 Agustus 2007 pada 7:07 pm
    Permalink

    Yaang percaya sama Film kayak gitu TERBUKTI kebodohannya dan g pernah baca ALKITAB…..Makanya AlKITAB dibaca dounk !!!!jangan buat pajangan!!!!

    Balas
  • 29 Agustus 2007 pada 4:21 pm
    Permalink

    tolong balas dongs apa kata teman gua nanti masa katolik kaya gitu benar ngak siohhhhhh

    Balas
  • 24 September 2007 pada 4:28 pm
    Permalink

    Mau Tuhan Yesus punya bini 40 emang ngaruh ama Ke TuhananNya. Tanya thu gereja yang hapus sejarah Gusti Yesus umur 13 ampe 30.

    Balas
  • 26 September 2007 pada 6:32 pm
    Permalink

    hebat yach…tulisan berjudul menunggu film Da Vinci Code. Kalau dia tahu bahwa itu adalah karya sastra, masa penulisnya terang-terangan berkata itu sesuai fakta? emank karya sastra itu adalah sejarah? kalau benar demikian, kita ganti Sejarah Perjuangan Indonesia dengan Sejarah Maling Kundang….

    Balas
  • 29 September 2007 pada 12:52 am
    Permalink

    yang ingin saya sampaikan ialah:
    1) Baca Alkitab secara keseluruhan
    2) Jangan menggunakan dan mengandalkan logika pada
    saat membaca Alkitab
    3) Da Vinci sudah mengutak-atik gambar itu, dan mem
    buat pendapatnya sendiri bukan pendapat para ahli
    Alkitab. Siapa saja boleh memberikan pendapatnya,
    tapi yg jelas, bersiap2lah menanggung akibatnya
    karena akan berurusan langsung dengan TUHAN.
    4) Kepada yg nunggu filmnya, jangan pernah percaya
    akan hal itu, mudah2an para aktor dan aktris film
    minta ampun dan di ampuni TUHAN, agar tidak
    mendapatkan kutukan dari TUHAN
    5) Kepada semua orang percaya (Kristen) mari kita
    bersatu dan berdoa syafaat spy kehadiran film tsb
    tdk sampai mempengaruhi iman orang kristen.
    6) Kepada produser film dan studio film yang memutar
    film tsb, jgn hanya memikirkan meraup keuntungan
    tanpa memperhatikan nilai2 moral, etika dan keber
    samaan hidup dalam komunitas kepelbagian agama
    7) Saya menyerukan kepada semua pihak, apabila
    pemutaran film ini menumbulkjan gejolak dalam
    berbangsa dan bernegara, hentikanlah pemutarannya.
    8) Tuhan kiranya memberkati Indonesia dan menjauhkan
    dari berbagai keterpurukan yg tak kunjung reda.
    Tuhan memberkati orang kristen dalam ketaatannya
    sehingga kehadirannya menjadi garam dan terang.

    Balas
  • 17 Oktober 2007 pada 11:29 pm
    Permalink

    itulah antikris…konsp dari bapa pendusta….untuk yg g pernah baca alkitab….dibca dong mas masak mw jdi manusia bego!!!!!!!inget TUHAN SEBENTAR LAG DATANG…………….

    Balas
  • 22 Oktober 2007 pada 10:36 am
    Permalink

    iya donk
    baca Al Kitab, pasti semakin ragu dengan iman kristen.
    ingat yach, baca al kitab SELURUHNYA, jangan setengah-setengah
    semoga kebenaran selalu menyertai kita.

    Balas
  • 3 Desember 2007 pada 4:52 pm
    Permalink

    SAYA TIDAK PERCAYA KALAU TUHAN YESUS ADALAH ORANG BIASA…YESUS ADALAH ANAK ALLAH YANG MAHA TINGGI.JADI SIAPA YANG PERCAYA SAMA DA VINCI DIA SAMA SAJA DENGAN MENGHINA TUHAN YESUS JURU SELAMAT MANUSIA……..PESAN SAYA RAJINLAH MEMBACA ALKITAB,,BANYAK BERDOA KEPADA TUHAN AGAR DIBERI PETUNJUK YANG BENAR…………

    Balas
    • 28 Mei 2015 pada 10:46 pm
      Permalink

      saya percaya Nabi Isa.. adalah Nabi Allah… Bukan anak Allah..

      Balas
  • 3 Desember 2007 pada 5:04 pm
    Permalink

    JANGANLAH KALIAN PERCAYA TENTANG DAVINCI CODE SEBAB ITU SEMUA HANYA OPINI YANG TIDAK PERNAH TERBUKTI…….YANGKINLAH TERUS KEPADA TUHAN YESUS YANG TELAH MEMBERIKAN DARAHNYA UNTUK MEMEBUS DOS MANUSIA……..COBA KALIAN LIHAT KOMENTAR DARI ‘SONY’ MESKIPUN DIA MUSLIN TETAPI DIA TIDAK PERCAYA BEGITU SAJA TENTANG DAVINCI,,,KITA JUGA HARUS DEMIKIAN ”SYALLOM’…..GOB BLESS YOU

    Balas
  • 4 Desember 2007 pada 5:15 pm
    Permalink

    Makanya Sering-sering baca ALKITAB DOONKKK!
    KALO TERGODA BERARTI IMAN MU TIDAK KUAT……………………….

    Balas
  • 7 Desember 2007 pada 9:58 pm
    Permalink

    hui smua.. jgn buru2 marah gtu dong… namanya pndapat org ya bda2 lah!

    Balas
  • 9 Januari 2008 pada 5:28 pm
    Permalink

    emang lu bisa ngebuktiin klo alkitab juga bukan omong kosonh,,

    alkitab yg skrng lo percayai itu adalah hasil seleksi dari kitab2 injil yg memuat fakta tentang mariam magdalena,, mank lu ga pernah tau apa yg namnya dead sea scroll … cari tw sana….
    perjanjian baru cmn buatan dari pendeta kaum pagan, konstantin

    Balas
  • 15 Januari 2008 pada 9:52 pm
    Permalink

    ya…ape kata dunia aja dah gw mah, asal yang w tau gw PERCAYA ma Tuhan Yesus n w selalu berusaha melayaniNya sekuat tenaga w…cari kerajaan Allah terus inget pada saat iman lu pada goyah “TUHAN YESUS YANG ADALAH BAPA KITA UDAH DI SALIB BUAT NEBUS DOSA KITA, DIA GAK MINTA DI SEMBAH N SANJUNG MA LU SEMUA TAPI DIA LAYAK…GAK DIPUNGKIRI ADANYA ANTIKRIS, OK W AKUI dia DAPET IJIN BUAT KUASAI DUNIA 3.5 TAHUN, TAPI GAK AKAN W ADA DI ZAMAN ITU, CZ W DAH MASUK 1000 TAHUN TENANG”

    Buat lu yang pada goyah lu itu BODOH!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 30 Januari 2008 pada 12:56 pm
    Permalink

    saya ga akan ngasih komentar tentang hal ini, toh saya juga hanya baca sekilas mengenai injil…soalnya injil yang saya temuin waktu itu udah kebakar sebagian, lagian ejaannya bahasa lama. jangankan injil, al-qur’an kitab suci agama saya aja jarang dibuka…hehhehe

    saya cuman ngasih komentar mengenai sikap manusia terhadap banyak hal, yaitu banyak dari kita lebih suka asyik masyuk ngoprek kesalahan dan hal2 yang menurut saya sama sekali nggak penting. oke, dalam perkara ini menyangkut banyaknya kesalahan yang dilontarkan novel ‘da vinci code’ pada sejarah hidup Yesus Kristus, atau yang saya sebut Nabi Isa-saya lebih suka Nabi Isa, nggak apa2 kan?cuma beda nama aja, orangnya sama.

    oke, sekarang ada yang bilang klo Nabi Isa itu anak Tuhan, ada yang bilang manusia, ada yang bilang klo Nabi Isa itu di-Tuhan-kan lewat voting. klo itu salah, saya tetep baca injil. pun seandainya itu benar, saya juga tetep ngedenger apa yang Nabi Isa ajarkan. Kenapa? toh saya tidak perduli mau siapa kek, mau Nabi Isa, mau Nabi Muhammad, mau Hyang Wisnu, mau Buddha, Konfusius, Tao, Syekh Siti Jenar bahkan siapa saja, yang di dalam perkataan dan ajarannya mengandung kebaikan, maka akan saya pelajari. kalau di dalam ajarannya dapat membawa saya ke arah yang lebih baik dari sekarang, akan saya amalkan.

    memang sejarah mengenai kehidupannya juga sebaiknya dipahami, karena melalui inilah kita dapat melihat bagaimana penunjuk jalan kita menyikapi kehidupan di dunia. tapi apabila kita ngoprek sampe ke kehidupan personalnya, apa bedanya kita dengan wartawan infotainment? apa bedanya dengan tukang gosip?

    klo saya pribadi sih mendingan ngebaca ajarannya, memahami dan merenungkan secara mendalam, buat diamalin ke kehidupan sehari-hari. saya udah capek buat berdebat ttg begituan, ttg kafir, ttg agama lain, ttg pertentangan dsb dll.guru, penunjuk jalan, dalam Tao disebut ‘Sang Master’ tidak hanya dapat berupa utusan Tuhan ‘yang resmi’ semacam nabi. anda utusan Tuhan, saya utusan Tuhan, tanaman adalah utusan Tuhan, hewan pun sama, karena pada dasarnya semua makhluk yang ada di dunia ini diutus oleh Tuhan untuk menjalankan roda kehidupan, saling menopang satu sama lain. kita bisa belajar dari alam, gunung, tanaman, bahkan cacing sekalipun. sayangnya, itu semua kita anggap tidak ada, karena sedang asyik larut dalam perdebatan hebat.

    saya lebih suka ngeliat dunia sesuai dengan apa yang diajarkan oleh para penunjuk jalan saya, dan berusaha agar kelak saya bisa menjadi penunjuk jalan bagi orang lain.

    -terimakasih udh boleh mampir di sini-

    cape juga ngetiknya…….heheheh

    Balas
  • 26 Februari 2008 pada 2:18 pm
    Permalink

    hi mas gw cm mw nlis2x doang. oh ya gw anak Seminari. bwt tmn2x yang dah emsi ma nvl n’ film da vinci code tlg brfkr dgn kpl dgn. asl kln tw ja ap pra pndt n’ pra Imam nggubris ma Novel n’ flm ni? klo ga brti ga da mslh(mkn tu cm krya org2x yg gi nglmi kgncngan dlm hdp) jd bwt pa d rbtin yng pntng loe pada prcy ma iman loekn brs perkaranya. mslh iman itu bukan bnr/ slh mnurut pikitan orang . iman itu adalah hal yang sangat misteri yg ga mkn di terka dengan akal sehat/ilmu pengethn. jd mslh orng mw ngusik agama kita itu urusan mereka yg ptg kta ttp konsekwn ma iman kta. trakhir gw mw ksh tw klo iman/ agama itu ga bsa d perdebatkan, itu urusan hati.

    Balas
  • 26 Februari 2008 pada 2:32 pm
    Permalink

    gw anak Seminari. bwt tmn2x yg dah ksh kmntr aku ucpn proviciat coz kln msh mengimani Yesus, tpi kln jgn mrh2x gt dung Yesus ja ga prnh marah ma orang2x yang memusuhi-Nya, malahan Dia memohon kpd Tuhan u/ mengampuni mereka senu yg membenci-Nya. kln tw kn Yesus prnh ngmg klo orng2x yg nyilipin-Dia tu ga tw ma pa yng mrk bwt, bgtu jga halnya ma orang2x yg sukanya ngurusin N’ ngusik agama orang tu adlh orang yang ga tw apa cih sbnernya agama yang mreka usilin itu? so kalin angap ja org2x yang sbnernya ga tw apa2x

    Balas
  • 1 Maret 2008 pada 5:34 pm
    Permalink

    aq sngt stuju ama Dan Brown,
    bukunya keren, dan semua pndpt dr D.B itu masuk akal, dari mulai lukisan Da Vinci sampe soal Vatikan.>>
    uiiiiih…. mantep abies..>”?@

    aq anjurin bwt kalian2 yg brtentngan sm D.B, coba deh kalian jgn cuma bc kitab injil doank…. itu tu kitab lama, semua pnympurnaan nya ada di Al-Quran….
    buat D.B smoga kamu jadi Muslim yyyyaaaaaa>>>>>
    hohohohohohoh

    Balas
  • 1 Maret 2008 pada 5:42 pm
    Permalink

    woooiiiiiii>>>>>>>>”:”><“”>>>>;l[;l,.l;l,

    kan uda gw blang,,,, D.B tu genius, dy bisa bpkiran bgtu hebat….. nah elu kagak mikir apa2 kan ? makanya gak usah protes de….
    dasar ndeso smw org yg brtntangan sm D.B
    hohohohohohohohohoho

    Balas
  • 1 Maret 2008 pada 5:51 pm
    Permalink

    oya….
    bwt kalian yang sepaham n ngefans sama Dan Brown
    ( D.B )
    kunjungi aj website aq yaaa

    dsna aq ngumpulin fakta2 ama pndpt2 ahli kitab seputar mslh novel D.B lhooo….

    percaya gak percaya jgn lupa kunjungi website aw yyoooo
    hohhohohohohohoho

    Balas
  • 4 Maret 2008 pada 12:59 am
    Permalink

    kalau memang kamu merasa imanmu yang paling benar dan oke
    tunjukkan dengan simpatik….biar mereka melihat kita yang baik…
    kalau dengan saling memojokkan begini…nggak ada gunanya tahu.!!!!
    istiqfar bung…..jangan biarkan roh pertentangan itu tumbuh subur di
    antara kita……Allah juga nggak ridho, kalau ada jiwa kebencian dlm
    diri kita….istiqfa bung…istiqfar…..Peace…..!!

    Balas
  • 4 Maret 2008 pada 5:32 pm
    Permalink

    subhannallah….

    Balas
  • 22 Maret 2008 pada 12:01 am
    Permalink

    eh kirain…..udhan taunya masi ada
    injil ga uptodate? kata siapa?
    justru muslim punya pikiran gitu yg ilmunya ga update2
    aneh2 aja…..
    qur’an mah ibaratnya kaya edisi revisi, klo menurut saya malah rangkuman…
    nah ibaratnya punya KUHP yg udh direvisi, lantas yg lama dibuang?
    ya endaklah…..kapan kepake juga buat penjabaran detilnya…

    nah injil tu termasuk salah satu penjabaran detilnya.makanya injil. qur’an , taurat, weda, baratayudha, saling berkaitan satu sama laen, saling menopang.
    da pas dibaca mah ajarannya mirip2 kok, cuma kayanya karena beda jaman beda tempat ya disesuaikan dengan keadaan ama Sang Pengarang.

    coba ah usul ke Pengarang….bisa nurunin kitab suci yang berbentuk komik ga ya? sapa tau jadi best-seller…..

    hahahahahahaha

    Balas
  • 23 Maret 2008 pada 5:46 pm
    Permalink

    Gw emang udah banyak denger ttg konsili nicea thn 325 masehi yang kabarnya adalah pertemuan para teolog katolik dg kaisar roma buat nentuin tuhan dg cara voting, apa ada yang bisa jelasin?

    Balas
  • 29 Maret 2008 pada 6:10 pm
    Permalink

    meskipun kajian tentang ketuhanan sebagian besar harus dipahami dengan hati yang murni bukan berarti tidak bisa dipahami dengan logika,YESUS MEMANG BUKAN SEORANG TUHAN,dia adalah seorang nabi,dia tidak pernah ingin ummatnya menyembahnya,tetapi menyembah allah subhanahuwata’ala yang maha esa…Lagipula pikirlah orang-orang bodoh tentang TEORI PENCIPTAAN!!!!! MANA ADA HASIL CIPTAAN SM DENGAN PENCIPTANYA,CONTOH TUKANG KACA MEMBUAT CIPTAANYA YAITU GELAS,APAKAH GELAS TSB DAPAT DIANGKAT MENJADI TUKANG KACA….sebagai orang yang normal saya akan menjawab MUSTAHILLAH!!!!!!

    Balas
  • 29 Maret 2008 pada 6:17 pm
    Permalink

    TEMPE TAK BISA DIANGKAT MENJADI TUKANG TEMPE,GELAS TAK BISA DIANGKAT MENJADI TUKANG KACA,DAN YESUSPUN(YANG JASADNYA TIDAK ADA PERBEDAAN SEDIKITPUN) TAK BISA DIANGKAT MENJADI TUHAN

    Balas
  • 3 April 2008 pada 1:48 am
    Permalink

    wah yg bnyak yg mrah tug kliatannya

    Balas
  • 3 April 2008 pada 1:49 am
    Permalink

    bsa krimin novelnya ke emailku gak aq lom bca nih

    Balas
  • 17 April 2008 pada 7:07 pm
    Permalink

    memang di akhir zaman banyak sekali hal-hal yang akan mematahkan semangat iman umat kristiani yang ada di dunia.Tapi kita semua harus tau bahwa semuanya sudah dituliskan di dalam Alkitab tentang hal-hal yang akan terjadi diakhir zaman ini.Jadi semuanya itu hanya tergantung dari iman kita…

    Balas
  • 21 April 2008 pada 8:05 pm
    Permalink

    gmana yawh,yang mw bertobat-berTobaT jha Sana!!!

    tpi Klo gw sich,nikmatin Masa Muda W dulu^^
    gw JmaaT AntikRis Yg taaT……..!!!!
    apa Ajha Yg gw mInta dikaSih ma “pOM” yaiTu:kekuataN,iLmu,KekayaaN,KpinTaran Dan masIh banyak Lagi…..
    hehehehehe……

    halLLOow!!?? dsiNi Gak Ad yg Jmaat AntiKris di Kg Yawh???
    >_<

    Balas
  • 22 April 2008 pada 4:37 pm
    Permalink

    Bertobatlah kamu saudaraku..
    gGg ada yang tahu akhir zaman kan???
    Daripada timbul nantinya perpecahan, mending kita isi hidup kita ini dengan pelayanan, pelayanan dalam arti positif.
    Key,,
    GOD bless U all..
    Thnx!

    Balas
  • 20 Juni 2008 pada 1:42 pm
    Permalink

    Buat kalian yang percaya bahwa Yesus anak Tuhan.
    “MANA ADA TUHAN PUNYA ANAK”
    DASAR BEGO!!!

    Balas
  • 9 Juli 2008 pada 4:42 pm
    Permalink

    Yang bener aja!!!!!

    Yakinilah dirimu siapa Tuhan yang kamu kenal sejak kecil,
    Ya dia lah yang ada di Alkitab.

    So anak Tuhan ga boleh langsung percaya dengan sesuatu yang baru kamu denger, otrey….GBU

    Balas
  • 25 Juli 2008 pada 4:01 pm
    Permalink

    apapun pendapat anda2 semua, yang pasti gw appreciate bgt sama mas Dan Brown. kapan launching novel baru lagi? gw langsung beli dah! 🙂

    Balas
  • 30 Juli 2008 pada 11:12 am
    Permalink

    Karena gw orangnya setia…ya gw setia sama iman gw bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan…da vinci code hanyalah sastra seperti karya sastra yg lain….setia sama injil sebagai kitab gw satu2nya yg paling lengkap dan sempurna….gw juga setia sama pacar gw

    Balas
  • 11 Oktober 2008 pada 2:50 pm
    Permalink

    tau gak itu semua artinya ap? itu artinya agama kristen bukanlah agama yang benar, karena masih banayk ketimpangan disana-sini. karena itu, cobalah cari kebenaran itu wahai orang-orang yang mepunyai akal dan bisa berpikir…

    Balas
  • 13 Oktober 2008 pada 10:43 am
    Permalink

    Yeah…. Shalom Beibeh….

    Saya mah setuju sama pendapatnya emha Ainun Nadjib (ustadznya kiai kanjeng), bahwa marilah kita menyikapi agama seperti memperlakukan istri, atau seperti istri memperlakukan suami….
    Kita mencintai istri kita dan menghormati istri orang lain,
    jangan sebaliknya…!!!

    Saya sebel sekali dengan tingkah laku FPI, tapi sendiri seringkali juga sebel dengan gaya munafik para pastor yang berkoar soal toleransi tapi merapat terus ke kaum beragama lain, dibujuk masuk kristen….

    Menjadi orang beragama, syarat pertama adalah percaya sepenuhnya dengan Tuhannya, dan kewajiban yang kemudian diperintahkan pada kita untuk menjalankannya.
    Tapi jangan menutup kemungkinan, jangan mematikan otak kita untuk mencari kebenarannya ….
    Saya beriman pada Tuhan-ku sepenuh hati, aku menjalankan kewajibannya, tapi aku tidak menolak terhadap fakta fakta logis yang selama ini sering ditiadakan oleh konsili…. karena aku masih terus belajar…

    Mari kita terus belajar

    markus

    Balas
  • 15 Oktober 2008 pada 10:03 pm
    Permalink

    uswatunhasanah????? napa lu bilang kayak gitu???? semua agama tuh sama,tertuju ke yang ESA…gak ada arti ketimpangan di sana sini…semua sama

    Balas
  • 26 Oktober 2008 pada 11:45 pm
    Permalink

    Gw rS kita bpikiran yg postif aj..G usah menyalahkn siapapun. Kin mrk mpnyai pmikiran na msing2

    Balas
  • 27 Oktober 2008 pada 12:05 am
    Permalink

    Tuhan it g mgkin pnx anak,cz thn it esa,dn mlakukan sgl sesuatu dgn kesaAn na, tuhan it g prlu skutu utk mengurus alam smesta ini… Tuhan it kekal… Tuhan tdk kin mlakukn sesuatu yg mlemahkn keEsaan nya,contoh klo thn mnjelma mjd seekor lalat,kmdian lalat tsbt hnggp dipiring org yg mkn,trus dipukul,ampe mati..Nah apkh thn jg ikut mati,g kin kn?

    Balas
  • 7 Januari 2009 pada 4:45 pm
    Permalink

    kalo kristen menyalahkan wajar saja…
    buktikan dong…
    alkitab?memang alkitab dibuat siapa?
    manusia juga kan?oramng dulu juga kan?
    udah bener apa?

    Balas
  • 9 Januari 2009 pada 1:36 pm
    Permalink

    Manurut ak Qta sebagai manusia boleh percaya yang mana aj asal g yang salah
    Emang dalkitab g dtulis tpi kan percaya aj ma ajaranx Tuhan t’serah oRg mo bilang ap tp menurut ak setiap oRg boleh b’pendapat beda2……..

    Balas
  • 9 Januari 2009 pada 1:45 pm
    Permalink

    ttg jasad Yesus Yg dtemukan itu bisa aj  jasad org laen yG punya nma yesus
    Coba aj tulang pya byk mukjizatx ga klo g b’arti bkan tulang Yesus……
    ^_^……….makax yG bener klo py berita

    Balas
  • 9 Maret 2009 pada 10:02 pm
    Permalink

    cobalah kita belajar dewasa…
    hanya seorang anak kecil yang senang melihat orang lain menderita, apalagi oleh karena perbuatan kita.
    bagaimanapun, seperti apapun caranya kita memaksakan sebuah kebenaran untuk  memasuki sebuah rumah, ia tidak akan pernah bisa masuk ke dalam rumah yang tertutup pintunya, ya…sebagaimana kita layak menerima maupun menolak tamu, kebenaran bak tamu bagi hati kita..
    jika kita berposisi sebagai tamu itu, layaknya, kita tidak mencoba masuk ke rumah seseorang tanpa izin, sebagaimana kita juga punya wewenang memasukkan tamu ataupun menolak…
    untuk saudaraku muslim, sadarlah, ga usah terlalu ambisius merubah paham orang, cobalah renungkan, sebagaimana anda memegangi paham anda dengan nyawa dan fanatisme anda, apa salah orang lain juga melakukan tersebut pada agamanya?lakukan da’wah bil hal, bukan malah menjatuhkan martabat agama anda dengan menjatuhkan agama orang lain..kitab anda mengatakan lakum dinukum wa li yadin kan? apa pernah Muhammad menghina pemeluk agama lain? trus jika al-Quran dan Muhammad aja ga ngajarin, siaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapa yang kalian ikuti? dalih menyelamatkan orang lain dari kesalahan dalam beragama? yah klo itu alasannya jangan salahkan kristenisasi donk?!tolong renungkan tentang konsep islam Rohmatan lil’alamin. 
    untuk saudaraku non muslim, maafkan saudara kami yang tidak sopan dalam bertutur, mereka tidak merepresentasikan Islam sama sekali, bahkan merekalah orang-orang yang tidak memahami Islam dengan sebenarnya..mkasih!

    Balas
  • 14 Maret 2009 pada 10:15 am
    Permalink

     yang jelas jesus ahalah TUHAN
     Dia adalah Mesias dan Dia yang akan mengadili orang yang hidup dan mati
     So….jgn asal menghujat,hati-hati dengan perkataan.
     Okay!! God Bless You All…
     

    Balas
  • 14 Agustus 2009 pada 4:32 am
    Permalink

    Jah, (-_-)
    Apa artinya qt perdebatkan smw ini? S0bt, jgn pernah tertipu dg propaganda Zionist.. Mrk berkonspirasi mengcounter ke Rasulan N. Isa as (:Jesus.ibrn) , bhkan qt mesti meneliti hakikat PD 1 & 2 , ..Itukan perang antara Vatican sbg legitimasi kekaisaran Romawi yg berperang dg kepentingan Zionist. ..yg dimenangkan Zionist…, entah apalagi yg mrk rencanakan kalau Katolik dh kehilangan umat? Berfikir jernihlah kawan, c0z hdup ini kemerdekaan, untk hdup tentram. ..Masing2 bebas bwt memilih.. Mau ikut kepentingan Romawi yg abis2an mempertahankan eksistensinya?
    Apa mw ikut zionist yg beranggapan Musa as sbg Mesias.! Bebas kuk.. Yg penting q percaya ,bhwa Allah itu ada.
    Berpeganglah pd Agama masing2
    c0z di iman qt akan menemukan firman2 Nya
    jgn lgi qt mw di adudomba Zionist.!
    Barakallahu laka.

    Balas
  • 13 Oktober 2009 pada 9:26 am
    Permalink

    “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat”. Jadi tetaplah percaya dan mengamini iman kita masing-masing…sebab bukan karena PEMIKIRAN tapi oleh IMAN kita diselamatkan.
    *Faith, Hope and Love*

    Balas
  • 11 Januari 2010 pada 4:01 pm
    Permalink

    Al Qur’an is the perfection!!!!
    salut buat Dan Brown…you’re so smart

    Balas
  • 26 Januari 2010 pada 1:49 pm
    Permalink

    ayolah itu cuma buku, rencana tuhan lebih baik

    Balas
  • 23 Februari 2010 pada 2:51 pm
    Permalink

    apa yang buat itu nggak aneh???
    cobalah untuk berpikir lebih fresh…!!!
    rencana TUHAN lebih indah dari segalanya…

    Balas
  • 6 Maret 2010 pada 6:38 pm
    Permalink

    Terlalu banyak konspirasi di dunia ini… dari masa perang salib hingga sekarang.
    karena ada kepentingan dan tujuan tertentu dari pihak tertentu
    lebih baik carilah lebih banyak sumber untuk dapat memutuskan apa yang kurang benar dan mana yang lebih benar….
    karena ternyata banyak juga sejarah yang telah dimanipulasi….
    mungkin kita memang harus lebih banyak berfikir…
     

    Balas
  • 13 Maret 2010 pada 8:37 pm
    Permalink

    di surga Yang Maha Hakim Agung tidak akan menanyakan kamu di  dunia  beragama apa jadi untuk apa berdebat  jalannya adalah berlakulah baik dan kasihilah Tuhan Allahmu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri

    Balas
  • 1 April 2010 pada 10:03 am
    Permalink

    yaaa ampuuuun soal agama aja kok di pusingin ..
    menurut gw ini biasa aja ah,ga terlalu menarik..
    kira2 bisa gak ya DAN BROWN memecahkan rahasia Allah yg ada di surat yasin ????????

    Balas
  • 22 Mei 2010 pada 2:05 am
    Permalink

    saya muslim dan saya bangga..
    saya muslim tapi saya menghormati agama lain..
    islam vs kristen = tidak menghasilkan apa-apa..
    jadi buat apa saling bermusuhan?? toh saya yakin dari semua kalian2 ini belum sepenuhnya “bersih” ?? peace.. gak kristen gak muslim yang udah saling mencaci di thread ini semuanya payah..!!

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 8:15 pm
    Permalink

    Taurat,zabur maupun injil lama adlh bagian2 dri al-quran yaitu kitab yg d smpurnakan, sdangkn injil baru bnyak mengalami prubahan slama perkembangan zaman,umat katholik yg melakukan pmrotesan trhadap ajaran katolik lama menjadi protestan ,bacalah kitab injil yg pertama sbelum mndpatkn pembaharuan…kalian smua akan mendpatkan kbenaran …

    Balas
  • 15 Mei 2011 pada 2:29 pm
    Permalink

    sooo goooood….
    q suka buku itu, filmx juga…

    Balas
  • 1 Juli 2011 pada 9:25 pm
    Permalink

    saya meragukan apakah maria magdalena ( pelacur ) bisa hamil dengan sendirinya?

    kebohongan publik atau apapun itu, menutupi sesuatu, apakah wajar seorang manusia (ISA) bisa dianggap tuhan, menganggap manusia adalah tuhan?

    karena utusan Tuhan bukan berarti bisa di katakan Tuhan, dan kenapa perpustakaan2 di jaman romawi kuno di hancurkan oleh pihak gereja saat itu?

    injil perjanjian lama dan baru, hemmmmmm berarti perjanjian baru itu diputuskan atau buatan manusia dan bukan wahyu dari sang pencipta, karena perjanjian baru, berarti injil perjanjian baru merupakan karangan manusia, wah-wah berarti bukan kitab mealinkan buku filsafat karangan manusia………….?????

    ada yang bisa jawab???? kenapa???
    dan jelaskan secara ilmiah kenapa para ilmuan di jaman itu di buru dan dibunuh serta kabarnya di hapus secara anehhhh???

    seandainya perpustakaan kuno di jaman romawi itu tidak di musnahkan maka kita bisa tahu cerita yang sebenarnya

    Balas
  • 10 Juli 2011 pada 4:51 pm
    Permalink

    KENAPA SIH ORANG INDONESIA SUKA BGT BERDEBAT TTG HAL REMEH, SEMAKIN SERING KITA MELAKUKAN ITU SEMAKIN TERPURUK CITRA BANGSA INI.
    YG KALIAN DEBATKAN ITU KAN CUMA BUKU YG DITULIS MANUSIA.
    TENTANG APAPUN ISINYA, TETAP AJA YG NULIS MANUSIA,BUKAN TUHAN (KECUALI ADA YG PERNAH LIAT TUHAN LG NULIS BUKU TRS DIFOTO,TRS DI PUBLISH;LAEN URUSAN DH TU).
    APAPUN YG  KALIAN YAKINI,BENAR ATAU SALAH, JGN SAMPE MEMPENGARUHI ORANG LAIN.
    TUHAN MENCIPTAKAN MANUSIA GADA YG SAMA,KENAPA KITA HRS SELALU “MENYAMAKAN” PERSEPSI TTG INI DAN ITU.
    SO,PLEASE SUDAHI DEBAT BODOH TENTANG APAPUN..
    JALANI HIDUP SEWAJARNYA,APA ADANYA,SALING BERDAMPINGAN,SALING MELEMPAR SENYUM..
    DUNIA INI TERLALU INDAH,JGN SIA2KAN..

    Balas
  • 9 Agustus 2011 pada 10:15 pm
    Permalink

    kita lihat kebenarnya diakhir zaman,, saat nabi ISA A.S (yesus) turun kebumi dan menghacurkan semua salib.
    selamat menunggu..
    ketahuilah bahwa kami juga termasuk org2 yg menunggu akan datangnya hari itu.
    Barokalloh

    Balas
  • 10 Agustus 2011 pada 7:19 pm
    Permalink

    Injil turun oleh Allah SWT. Dan disempurnakan oleh Al-quran tapi jaman sekarang semua injul sudah karya manusia

    Balas
  • 7 November 2011 pada 6:31 pm
    Permalink

    astagfirullah al adzim,maafkan orang-orng yang tidak tahu apa2 itu brow…..
    mungkin mereka sudah yakin kalo mereka bakalan masuk surga…..inget dosa brow…

    Balas
  • 10 November 2011 pada 1:07 pm
    Permalink

    hello….gak penting bgt deh…
    mendingan kita beribadah menurut kepercayaan masing-masing.
    buat temen2ku kristian tetap semangat,tetap terapkan hukum kasih y ^_^
    gbu all…..

    Balas
  • 13 Desember 2011 pada 6:48 am
    Permalink

    bagi yang percaya. tetaplah pada kepercayaanmu….
    karna suda tertulis, bahwa. pada ahirnya antikris yang akan menguasai dunia,,,
    tapi semua itu. akan banyak orang yang menanti  kebenaran itu…
    yang tertinggl di dunia nanti orang jahat, dan orang percaya yang sering berbuat dosa…
    karna orang percaya yang memang betul2 melakukan perintanya lah yang akan di angkat,,,,,
    dan disitulah semua akan indah pada waktunya,,,

    Balas
  • 15 Desember 2011 pada 9:27 pm
    Permalink

    Assalamu’alaikum
    sperti yg terdparat dlam Al-Qur’an, sebuah ayat yg mengatakan “Tuhanmu adlah Tuhanmu, Tuhanku adlah Tuhanku”.
    sharusnya kita smua di sni bisa hdup dmai dan saling menghargai stu sma lain. Agama kita masing” kan sudah mengajarkan hal trsbut pada kita…
    cukup sekian dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Balas
  • 21 Januari 2012 pada 12:22 am
    Permalink

    sayang penggambaran filmnya terasa garing/ ada yg kurang
    mungkin bahasa gambar tidak bisa menjelaskan dengan detail bahasa tulisan

    Balas
  • 5 April 2012 pada 3:26 pm
    Permalink

    JANGAN SESEKALI MENGHINA GEREJA KATOLIK FAHAM !!!!!!!
    KLAU BROWN PUNYA CERITA BETUL MANA BUKTINYA !!!!!!!!!!!
    TALINGUNG!!!

    Balas
  • 20 Juni 2012 pada 8:39 am
    Permalink

    hahahha….SEMUA HIDUP ADA DI AL_QURAN DAN AL_HADIST

    Balas
  • 1 September 2012 pada 10:34 am
    Permalink

    Umat Islam kan percaya kalau nanti di akhir zaman (Kiamat) akan mempertanggung jawabkan semua perbuatannya di bumi..nah Umat Kristiani juga juga demikian, percaya nanti di akhir zaman (kiamat) akan ada hari penghakiman..artinya kita sama2 mempertanggung jawabkan  perbuatan kita di bumi…so mari kita pikirkan masing2 yg terbaik utk kita nnti di akhir zaman…agama hanya penghantar (tuntunan) utk menuju ke akhir zaman…
    (Lakum Diinukum Waliyadiin) agamamu bagimu dan agamaku bagiku….jadi lok sobat2 percaya dgn tuntunan agama yg sob anut,, jalanii aja dgn baik..gk usah ngebahas tuntunan agama selain agama yg sob anut,  kita semua yakin sob semua agama tdk akan mengajarkan utk jahat…..klupun ada manusia yg jahat, bukan ajaran agamanya yg nyuruh..tp syaitan yg nyuruh, krn udh jelas ajaran syaitan utk berbuat jahat….
    Barokalloh.. 

    Balas
  • 15 November 2012 pada 12:10 pm
    Permalink

    g usa sok debat , kalian tu cuma agama warisan dari ortu, bukan yg kalian benar2 peluk

    Balas
  • 31 Januari 2013 pada 10:38 pm
    Permalink

    Ekhmmm,,,
    keren-kerenn,,,
    biasanya Orang Yg banyak mulut dan bisaanya cuma menghina dan memperdebatkan sesuatu yg remeh, adaalah seorang yg TOLOL….
    sooo, buat Lo-lo, yang gag pnya kerjaan, mending lo perkuat agama nd iman lo dech,
    jangan bisanya cuma ngina agama orang…
    emang lo udah pada bener apa ?
    beloom pastee kann ?
    yg bener tuh AGAMA lo bukannya LOE !!! Please REMEMBER IT !!!

    Balas
  • 19 April 2013 pada 9:13 am
    Permalink

    salam damai semua..maaf nih kalo menurut saya semua agama mengarjarkan kebaikan..yang tidak baik adalah orang” nya jangan saling hujat saja betulkan imanmu masing” smua org punyai dosa dan kesalahan..jangan percaya sama buku dan penulisnya kalo kita percaya itu sama saja dgn kemusrikan..percaya sama Tuhan saja maka akan indah pada waktunya..trims

    Balas
  • 11 Juli 2013 pada 11:21 pm
    Permalink

    Manusia berdasarkan ilmu pengetahuan serta tekhnologinya tak dapat menyelami pemikiran dan kuasa Tuhan.
    Walau mata tak pernah melihat tetapi hati tetap percaya akan kebenaran dan janji Firman Tuhan. Sodara-sodara yg nasrani tetaplah berpegang teguh sama Iman dn keyakinan kita terhadap kebenaran Yesus Kristus. GB

    Balas
  • 6 Agustus 2013 pada 9:54 am
    Permalink

    Salam kasih buat saudarku semua didalam nama Tuhan kita Yesus Kristus.. apa yang tertulis didalam kitab akan terjadi pada hari ini dan hari kedepannya, sebab itu akan terjadi dan kita umat percaya tetap berpegang dalam doa dan pengampuan hanya dia saja jalan keselamatan yang kekal. bagi saudaraku yang tidak percaya kenalilah tuhanmu siapa dia dan apa yang telah diperbuat dia bagimu!.. menghakimi bukan datang dari tuhan tetapi iblis yang masuk kedalam jiwa manusia, GBU

    Balas
  • 11 Februari 2014 pada 6:36 pm
    Permalink

    Terserah Apa Kata Dunia Tak Kan Hilangkan Cintaku Padamu
    Tak Perduli Kata Dunia Tak Kan Goyahkan IManku Padamu
    Dunia Boleh Berkata Tidak Tapi Kan Ku Katakan Ya Untukmu, Tuhan Yesus Kristus

    Balas
  • 22 Oktober 2014 pada 10:10 am
    Permalink

    hahaha……
    Saudara2 ku yang terkasih…
    Kalian jadi orang Kristen masih meragukan iman kalian ?
    Iblis itu dulunya malaikat, dan dia disuruh untuk tunduk kepada manusia…
    tapi apa.. dia membangkang, dan akhirnya dia dimasukkan keneraka…
    Sekarang dia mencari teman buat penghuni neraka…
    Ya salah satunya dengan mengirim satan seperti da vinci untuk merusak iman kalian…
    Iblis itu paham sampai akar2nya tentang Al kitab…
    Sebab apa.. dia dulunya malaikat yang paling dekat dengan Tuhan Allah…
    Akhir zaman itu adalah dimana para nabi2 palsu turun dan mersaksi2 palsu akan kerjaan sorga…
    Intinya kalau kalian mau diselamatkan, Terima Yesus sebegai Juru slamat. Gak usah pikir yang laen2 lagi…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *