Google, 080808, dan Olimpiade Beijing 2008

SELALU ada cara menyambut hari penting. Di saat dunia demam angka cantik 080808 (delapan agustus dua ribu delapan), dan China tengah gegap gempita oleh Olimpiade Beijing 2008 yang dibuka tepat pukul 8, tanggal 8, bulan 8, tahun 08, Google pun menghias halaman depannya dengan new doodle, sebuah logo mengapresiasi olimpiade di negeri tirai bambu.

Tentu ini bukan hal baru. Sudah tradisi bagi Google memajang logo kreasi mereka (orang-orang Google menyebut logo kreasi itu sebagai “doodle”), di saat momen-momen istimewa berlangsung. Dari hari bersejarah, hari kelahiran tokoh, masa liburan, sampai peringatan semacam hari bumi atau juga mother day. Silakan lihat di sini untuk menengok-nengok sebagian doodle yang pernah ditampilkan Google.

Tetapi kombinasi angka 080808 memang hanya akan terjadi sekali seumur zaman. Seperti halnya tahun lalu orang heboh dengan triple seven di mana 777 menjadi angka keramat, atau juga tahun depan di mana kombinasi angkanya bakal lebih dahsyat lagi: 090909, maka banyak yang mencari cara agar pada tanggal berangka unik tersebut ada kenangan yang tertoreh.

Bahkan panitia Olimpiade Musim Panas pun sampai memilih 080808 untuk acara pembukaan. Sesuatu yang telah disiapkan bertahun-tahun, termasuk usaha menciptakan teknologi memindah awan agar pada saat pembukaan pesta olahraga dunia yang kali ini bertajuk One World One Dream itu tak turun hujan. Huh, andai saja mereka mengerti konsep pawang hujan seperti tradisi di negeri kita.

Di berbagai sudut bumi para ibu yang sekarang tengah hamil tua berdoa agar anaknya lahir tepat ketika almanak berada di angka 080808. Kalau nasib baik bisa tepat waktu. Bila tidak, ya bisa lebih cepat atau malah terlewat, sehingga kombinasi angkanya menjadi 070808 atau 090808. Yang punya duit cukup bahkan rela mempercepat persalinan dengan operasi caesar.

Pasangan-pasangan muda mencocokkan tanggal pernikahan, kalau perlu ijab kabul di saat jam menunjuk pukul 08 lewat 08 detik di tanggal 08 bulan 08 tahun 2008, sehingga kombinasi angkanya akan menjadi 080808080808. Penghulu kebanjiran order, sementara KUA harus mengatur supaya semua bisa terlayani dengan baik.

Semalam, seorang kawan mengirim pesan lewat YM: minta tolong dicarikan sebanyak-banyaknya koran dari penerbitan yang berbeda, khusus edisi tanggal 8 bulan 8 tahun 2008. Koran-koran itu bukan untuk dijual kiloan ke pasar, tetapi untuk hadiah kepada keponakannya yang sedang diatur agar lahir persis pada tanggal 8 bulan 8 tahun 2008.

“Anaknya adikku akan lahir tanggal 8 Agustus 2008, dan aku mau kasih kado koran edisi 080808. Nanti, kalau sudah besar, orangtuanya akan memperlihatkan koran-koran itu, dan si anak pasti bangga karena dia bisa tahu peristiwa apa saja yang terjadi saat tanggal kelahirannya,” si kawan berargumen. Saya mengiyakan, berjanji mencari koran pada tanggal tersebut sedapatnya.

Siapapun hendak menoreh sejarah, tinggal bagaimana caranya dan dalam bentuk apa. Pada kehidupan pribadi kita, sejarah hidup adalah apa yang bagi kita bisa terkenang sepanjang masa. Angka-angka kerap bisa mewakili kenangan itu. Ada banyak orang yang bahkan bisa hapal detil tanggal kapan dia pertama masuk sekolah, pertama dapat pacar, pertama melamar wanita, pertama punya anak dan sebagainya. Lalu banyak orang lagi yang yakin punya nomor hoki, nomor-nomor keberuntungan di mana nasib baik selalu berpihak kepadanya dan selalu saja terhubung dengan nomor-nomor itu.

Berapa nomor hoki Anda? Punya rencana apa menyambut 080808 tahun ini atau 090909 tahun depan?

Saya tak punya nomor hoki. Tidak punya rencana apa-apa di tanggal 080808 atau kelak 0090909 atau bahkan 101010 (mudah-mudahan panjang umur). Satu-satunya yang saya lakukan sebagai penanda angka-angka cantik itu hanyalah membuat posting di blog ini. ***

Win Dede

Win Dede aka Erwin D. Nugroho. Anak kampung dari pelosok Kalimantan, kini bermukim dan beraktivitas di belantara Jakarta. Selain menulis dan memotret, jalan-jalan adalah kegemarannya yang lain.

You may also like...

Beri Tanggapan (atau pilih komentar via akun media sosial)

8 Responses

  1. eddy mengatakan:

    Adakah yang sedang sial pada tanggal ini? Wah pasti bisa jadi kenangan yang tak terlupakan juga tuh…

  2. swadexi mengatakan:

    Ooooo Gitu tho pantes aja jadi kaget ko logonya berubah kirain apaan…Salam kenal ya mas>>> http://swadexi.blogspot.com/

  3. istiono mengatakan:

    ah angkan kayak gitu kan cuman kebetulan aja , klo aku lebih percaya ama Allah swt karena Allah lah yg mengatur rezeki kita , jodoh kita dll .
    Allahu A’lam

  4. bambang subiyakto mengatakan:

    iya ya, semua bangsa punya takhayulnya sendiri2 mengenai angka, seperti bung erwin juga, apa penting dan pedulinya dengan angka2. tetapi, tetapi nih, bila angka2 itu ada di selembar kertas atau logam yang bisa dituker dengan apa aja, kayanya kita ok2 aja ‘kan? mo keramat keq, mo takhayul keq, selalu org berupaya mencari, mengumpul atau menumpuk sebesar-besarnya angka2 itu, tetapi kalau terkait ini kok angka 0 ciptaan bgs arab itu ya yang paling unggul (keramat bin sakti)? kita perlu Rp/$/f.1.000, terutama utk Rp cuma ada Rp 5 dan Rp 25, ya udah. selebihnya 10, 100, 1000 n 100.000. naaah, trus aja itu dikali-kali, ditambah-tambah, tapi gak mau dikurang n dibagi, he he. trims.

    salam,
    bs

  5. unai mengatakan:

    ah kalau saya semua adalah hari baik, smua angka angka hoki…apalagi yang nolnya banyak hehehehe..apa kabar pak?

  6. joni mengatakan:

    Mau cari nomor cantik 08-08-08 silahkan klik http://www.keprinomorcantik.com
    mumpung persediaanya masih ada.

  7. fien prasetyo mengatakan:

    sekadar berdecak kagum dg angka cantik sih sah2 aja, asal gak sampe yg percaya mistik2 dibalik angka itu..bukankah angka2 cantik itu juga anugerah Tuhan yg harus kita syukuri ? so, positive thinkin’ aja lah…

  8. de2k mengatakan:

    Apakah noe cntik 2 penting demi sbwh kbhgiaan smta??? Q ykn pzt anda prcy n g’ prcy, y kn????????…….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading Facebook Comments ...

No Trackbacks.