Setelah Sepekan Tanpa Kabar

Ada beberapa alasan sehingga blog ini nyaris tak tersentuh selama sepekan belakangan. Bukan karena penulisnya sedang asyik selingkuh, seperti posting terakhir, juga bukan karena asyik nge-trail di sirkuit tanah.

Pertama, belakangan ini saya lumayan dibikin repot dengan serangan virus di shout box, komentar dan buku tamu. Saya tak cukup pengetahuan untuk menangkalnya. Sudah di-ban IP adress yang terekam, virus-virus itu tetap muncul dengan IP adress baru. Memang tak ada kata-kata kasar atau jorok, tapi karena terus masuk tiada henti, server bisa jebol juga.

Saya sudah utak-atik, tetap tak menemukan jawaban. Mungkin pilihan terakhir adalah blog ini harus saya tutup dan membangun blog baru dengan engine yang lebih secure. Saya tak tahu apakah ada rekan blogger lain yang pakai engine pMachine seperti saya? Seorang kawan bilang, pMachine termasuk engine yang ketinggalan zaman hehehe.

Masalahnya, saya sendiri tak punya cukup waktu untuk membangun blog baru, mendesain ulang dan merangkai struktur halaman. Kalaupun waktunya ada, saya pasti masih harus berpusing kepala dengan coba sana coba sini. Hmmm… ada yang bisa bantu?

Selain soal virus itu, ada alasan lain sehingga sepekan terakhir sepi posting di blog ini; saya sedang tidak di depan komputer. Beberapa hari di Singapura dan beberapa hari di Malaysia, untuk mendampingi sejumlah kawan yang hendak menengok negeri jiran. Tadinya saya berniat menulis sesuatu, karena ketika di negeri jiran sempat juga sih ke warnet. Tapi, serangan virus membuat saya ogah.

Yeah, begitulah. Oleh-oleh trip dari Singapura dan Malaysia menyusul saja. Entah di blog ini, atau di blog baru yang, hmmm… masih dalam rencana.

Win Dede

Win Dede a.k.a Erwin D. Nugroho. Anak kampung dari pelosok Kalimantan, bermukim dan beraktivitas di belantara Jakarta. Selain menulis dan memotret, jalan-jalan adalah kegemarannya yang lain.

Beri Tanggapan (atau pilih komentar via akun media sosial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...

No Trackbacks.