Terbang Gratis…? Mau Dong!

Akhirnya dapat juga terbang gratis. Tidak tanggung-tanggung, free of charge untuk 4 orang sekaligus; saya, istri dan 2 anak, dengan rute Surabaya-Kuala Lumpur pergi-pulang. Barang gratisan ini masih ditambah penerbangan lanjutan Kuala Lumpur-Johor Bahru, supaya bisa meloncat ke seberang (Singapura) untuk sekadar keliling kota.

Ya, maskapai Air Asia memang lagi bagi-bagi 2.000.000 kursi gratis untuk penerbangan dari dan ke beberapa kota di Asia. Baik domestik maupun internasional. Kesempatan memperoleh kursi gratis ini baru dibuka beberapa hari, dan berakhir 28 Desember 2006 nanti.

Meski gratis itu menggiurkan, bagi sebagian orang program ini memang agak merepotkan. Pertama, pemesanan kursi gratis hanya bisa dilakukan secara online lewat internet. Kedua, kita harus menentukan schedule terbang dengan jadwal yang fixed pada periode antara Februari hingga Oktober 2006. Artinya, perjalanan ini memang harus benar-benar by planning. Direncanakan sejak sekarang.

Kerepotan ketiga adalah ini: ada pajak yang mesti dibayar. Persoalannya bukan pada nilai yang harus dibayar, tetapi cara pembayaran yang harus online dan realtime. Satu-satunya cara adalah dengan kartu kredit. Ini ditambah kerepotan ke empat untuk perjalanan internasional: nomor paspor harus diisi saat pemesanan seat secara online itu.

Artinya, untuk dapat terbang gratis ini kita harus punya kombinasi tiga hal berikut: akses internet untuk pemesanan online, kartu kredit untuk pembayaran realtime, dan paspor yang masih berlaku untuk melengkapi form isian. Semua itu harus ada sebelum 28 Desember 2005. Hmm… syukurlah, saya sudah punya semua hehehe.

Saya sendiri baru “serius” mengurus kursi gratis ini setelah melihat Pakde Totot sukses mendapatkan seat gratis Jakarta-Batam. Saya langsung hunting dengan beberapa pilihan jadwal. Demi menekan biaya serendah-rendahnya, saya cari waktu di mana semua penerbangan adalah gratis. Kebetulan, saya sudah janji mengambil cuti untuk mengajak istri dan anak-anak liburan tahun depan.

Meski browsing melambat karena boleh jadi website Air Asia diserbu sangat banyak pengunjung, pencarian itu akhirnya berhasil. Saya dapat tanggal yang cocok di pertengahan Mei 2006 untuk rute Surabaya-Kuala Lumpur PP dengan biaya penerbangan Rp0! Tak cukup sampai di situ. Saya putuskan mencari trip lanjutan. Mujur! Dapat gratis lagi untuk rute Kuala Lumpur-Johor Bahru PP. Klop sekali karena dari Johor Bahru tinggal menyeberang ke Singapura.

Air Asia memang merupakan maskapai dengan konsep “terbang murah” yang lagi booming. Berbagai cara dilakukan maskapai berslogan Now Everyone Can Fly ini untuk menekan biaya. Salah satunya adalah terbang tanpa tiket. Penumpang hanya diberi kode booking, yang dipakai untuk check in dan memperoleh boarding pas. Di counter check in tersebut kode booking dicocokkan dengan identitas penumpang.

Kalau dibayangkan sebagai tiket, maka terhitung ada 16 tiket terbang yang saya dapat secara gratis! Memang ada biaya pajak. Tapi nilainya sangat murah untuk ukuran perjalanan ke Malaysia dan Singapura.

Anda berminat? Tentukan jadwal sekarang juga, hunting posisi-posisi kosong di banyak rute gratisan, mudah-mudahan tidak keburu diambil orang lain. Ingat, ada 2.000.000 kursi gratis. 16 di antaranya sudah di tangan saya hehehe…

Win Dede

Win Dede aka Erwin D. Nugroho. Anak kampung dari pelosok Kalimantan, kini bermukim dan beraktivitas di belantara Jakarta. Selain menulis dan memotret, jalan-jalan adalah kegemarannya yang lain.

You may also like...

Beri Tanggapan (atau pilih komentar via akun media sosial)

4 Responses

  1. henky mengatakan:

    gimana cara dapetin tiket gratis?

  2. henky mengatakan:

    kasih tau yang lengkap donk
    soalnya kan biar tau saya mau pake pesawat apa.makasih

  3. henky mengatakan:

    kalo ga mau kasih tau gw ga jadi pake air asia lho

  4. Shizulaicha mengatakan:

    makasih udah ngebantu tugas mandiri Gue

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading Facebook Comments ...

No Trackbacks.