“Raja Sehari” Si Anak Raja

Kalau pengantin kebanyakan lazim disebut sebagai “Raja Sehari”, maka yang tampak di Brunei Darussalam hari ini tadi adalah raja diraja sebenar-benarnya raja…

Dialah, Pangeran Al Muhtadee Billah, sang Putera Mahkota Raja Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, yang melangsungkan pernikahan super-mewah di negeri kecil di ujung pulau Kalimantan itu. Bak kisah-kisah dongeng kerajaan, Muhtadee meminang permaisuri cantik bernama Dayangku Sarah binti Pengiran Salleh Ab Rahaman.

Pernikahan agung yang disebut-sebut termewah di Asia itu berlangsung di gedung istana, yang di dalamnya terdapat 1.788 kamar saking besarnya. Sebagai bagian dari gegap-gempita, kedua mempelai diarak keliling kota naik kereta kuda, diiringi 103 limusin, kendaraan kerajaan dan prajurit istana. Sungguh sebuah perhelatan yang selama ini hanya dimaklumi dalam legenda-legenda kerajaan zaman dulu.

Pangeran Al Muhtadee adalah seorang pemuda gagah lulusan politik dan hukum internasional Oxford. Pada tahun 1998, Hassanal Bolkiah menetapkannya sebagai pewaris tahta kerajaan. Sementara mempelai wanita adalah gadis 17 tahun, anak seorang pegawai istana di Kementrian Kesehatan. Artinya, ini bukan sekadar pernikahan anak raja, tetapi pesta si calon raja.

Perkawinan, bagi siapa pun, adalah hari istimewa. Lebih-lebih bagi keluarga bangsawan. Lepas dari budaya feodal yang sulit dihindari di negara kerajaan, toh rakyat Brunei memberi apresiasi positif terhadap perkawinan Sang Putera Mahkota. Di saat seperti inilah rakyat berkhayal, kelak, dua anak muda ini yang akan menjadi raja dan ratu sanjungan mereka.

Bagi Brunei Darussalam, yang sering digelari negeri impian (karena kecil tapi kaya), menggelar pesta mewah demi kebahagiaan putera mahkota tidaklah menjadi soal. Rakyatnya justru bersuka cita dan larut dalam pesta. Budaya-budaya lama dimunculkan, termasuk pakaian-pakaian kebesaran kerajaan. Tak ada yang aneh, semua serba wajar.

Begitu dahsyatnya perilaku kaum bangsawan, sampai-sampai hampir semua pernikahan digelar seperti sebuah kerajaan. Tengoklah pesta perkawinan tetangga, saudara, atau Anda sendiri. Selalu saja pengantinnya didandani dengan pakaian raja! Pelaminan dibuat seperti sebuah istana, lengkap dengan dayang-dayang di kiri-kanan.

Yeah. Mungkin sudah kodrat kaum non bangsawan ingin merasakan duduk di singgasana bak raja, meski hanya pura-pura dan sehari pula!

Win Dede

Win Dede a.k.a Erwin D. Nugroho. Anak kampung dari pelosok Kalimantan, bermukim dan beraktivitas di belantara Jakarta. Selain menulis dan memotret, jalan-jalan adalah kegemarannya yang lain.

Beri Tanggapan (atau pilih komentar via akun media sosial)

23 tanggapan untuk ““Raja Sehari” Si Anak Raja

  • 13 Maret 2007 pada 21:18
    Permalink

    Sy ni ingin tahu almt email Putera Abdul’Mateen ank kpd Sultan Hassanal Bolkiah.Klu ada,tlg bg ya…

  • 13 Maret 2007 pada 21:18
    Permalink

    Sy ni ingin tahu almt email Putera Abdul’Mateen ank kpd Sultan Hassanal Bolkiah.Klu ada,tlg bg ya…

  • 14 Juni 2007 pada 02:16
    Permalink

    Saya ingin tahu alamat lengkap Putera Mahkota Pangeran Al Muhtadee Billah dan email Putera Mahkota Pangeran Al Muhtadee Billah. thanks yaa….

  • 14 Juni 2007 pada 02:19
    Permalink

    Putera Mahkota Pangeran Al Muhtadee Billah adalah orang yang tampan dan pandai. Dia juga orang yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi sudah sepantasnya lah putera mahkota tersebut. mendapatkan istri yang cantik dan anggun serta baik hati dan tidak sombong.

  • 9 Januari 2008 pada 14:33
    Permalink

    Sarah kau sungguh cunnnnnnnn

  • 12 Januari 2008 pada 16:17
    Permalink

    Sy ni ingin tahu alamat email putera Abdul’Mateen dan alamat email Sultan Hassanal Bolkiah.tolong ya…..

  • 6 Februari 2008 pada 20:42
    Permalink

    assalamualaikum,tolong dong…saya ingin tahu alamat pangeran brunei?…..saya rina dari aceh

  • 1 April 2008 pada 20:21
    Permalink

    saya ingin tau email tuanku Pangeran Al Muhtadee dan sultan khasana bolkiah,thanks

  • 23 Mei 2008 pada 15:43
    Permalink

    saya minta alamat rumah atau kantor putera mahkota brunei darusallam pangeran Al Muhtadee di brunei dan alamt sultan bolkiah brunei darusallam.

  • 8 September 2008 pada 14:06
    Permalink

    saya nak tawu alamat sultan Brunei

  • 17 September 2008 pada 09:52
    Permalink

    Tolong alamat sultan brunai,saya mau minta tolong pada beliau .sangat penting

  • 27 Januari 2009 pada 14:29
    Permalink

    saya ingin sekali berkenalan dengan Sultan Hassanal Bolkiah dan keluarga.
    kemana saya bisa mengirimkan e-mail saya
    tks

  • 27 Agustus 2009 pada 23:49
    Permalink

    Saya ingin berkenalan dgn Sultan Hasanul Bolkiah, mohon alamat beliau, tolong ya bang, tq

  • 6 September 2009 pada 12:39
    Permalink

    TAHNIAH PUTERI UCAPKAN KEPADA SAUDARA DI BRUNEI.PUTERI SAUDARA TUANKU DARI MALAYSIA MENDOAKAN KEBAHAGIAAN KEPADA SELURUH KERABAT DISANA TERUTAMA KEPADA DULI YANG MAHA MULIA SULTAN HASSANAL BOLKIAH.DISAMPING ITU JUGA SELAMAT BERPUASA DAN SELAMAT MENYAMBUT HARI RAYA AIDILFITRI YANG AKAN MENJELANG TIBA TIDAK LAMA LAGI,AMPUN DAN MAAF ZAHIR DAN BATIN,SEMOGA SILATURAHIM DAN PERSAUDARAAN DIANTARA KITA DIBERKATI ALLAH.
    INSYALLAH

    PUTERIBONDASHAZ
    puteri_bondashaz36sha@yahoo.com
    60192427880

  • 26 Maret 2010 pada 13:20
    Permalink

     
    aku inggin berkenalan dengan tuan ku raja brunai sultan hasanul bolkiah,jadi
    mohon minta alamat emailnya,tlng minta di bls secepatny

  • 7 Mei 2010 pada 15:42
    Permalink

    tolong kasih saya alamat email almuhtadee atau alamat kerajaan brunei darussalam. trims

  • 5 November 2011 pada 08:30
    Permalink

    assalamu’alaikum…tolong saya ingin tahu alamat email Putra Mahkota Pangeran Al Muhtade Billah,tolong dikirim di email saya ya…sukron jazila

  • 5 Desember 2011 pada 10:43
    Permalink

    Ass. Tolong Minta Alamat Sultan Brunei Hassanal Bolkiah atau putranya. kami pernah ada perjanjian tapi waktu sultan ada kendala sedikit yang akhirnya tertunda. terimakasih. Wass

  • 8 Desember 2011 pada 10:16
    Permalink

    Yth. Pengirang Putra Sultan. kami dari Indonesia Majalengka-Cirebon. mau minta alamat emailnya. jika ada kirim ke email kami, terims.

  • 5 Maret 2012 pada 14:33
    Permalink

    semoga kami dapat jumpa family kami di brunai
    abah mama miss u 🙂

  • 26 April 2013 pada 16:11
    Permalink

    assallammualaikum wr wb yang mulia bapak sultan hasanal bolkiah saya andriani ingin berkenalan dengan bapak saya seorang guru dan tinggal di Banda Aceh Indonesia sudah menikah dan punya anak sepasang , kapan bapak berkunjung ke Banda Aceh

Komentar ditutup.

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...

No Trackbacks.