Bumi Makin Sesak, Manusia Mengecil?

Kisah manusia raksasa yang selama ini hanya ada dalam cerita-cerita dongeng, agaknya, mulai menjadi kenyataan. Sebuah penemuan di Timur Tengah membuktikan bahwa manusia raksasa itu benar-benar pernah ada. Percaya atau tidak, penemuan ini mulai beredar di internet dan diyakini bukan rekayasa.

Lihatlah foto ini. Bandingkan betapa besarnya kerangka manusia itu, dan betapa kecil dua orang yang berada di dekatnya. Kesampingkan dulu kemungkinan foto ini rekayasa digital. Mari berpikir bahwa ukuran tubuh manusia tempo dulu lebih besar dari tubuh manusia kebanyakan sekarang, adalah benar.

Saya pernah berkunjung ke Beijing, China. Ketika mendaki tangga-tangga Tembok China yang kesohor itu, saya langsung bergumam; dulu, ukuran tubuh manusia besar-besar. Buktinya? Anak tangga di Great Wall demikian tinggi, jauh lebih tinggi dari anak tangga yang selama ini saya pernah tapaki. Boleh jadi, anak tangga itu adalah ukuran yang “sedang” dan “wajar” untuk ukuran tubuh manusia waktu itu.

Kerangka manusia raksasa ini ditemukan oleh tim eksplorasi ARAMCO di sebuah gurun pasir di Saudi Arabia, dan diyakini sebagai sisa-sisa Kaum Aad dalam legenda Nabi Hud. Namun sebagian peneliti juga menduga kerangka ini boleh jadi adalah kerangka Adam, manusia pertama. Dalam kisah-kisah pra-sejarah, memang diyakini makhluk hidup pada abad-abad permulaan berukuran besar, termasuk keyakinan mengenai binatang purbakala seperti dinosaurus, yang juga tak kalah besar.

Kita hanya bisa menduga, dan terheran-heran dengan kejadian berabad-abad silam. Pada saatnya kelak, anak-cucu kita boleh jadi juga heran dengan kejadian-kejadian yang kita alami sekarang. Mungkin di masa depan manusia kembali berukuran raksasa, atau — bayangkan saja bumi semakin sesak — lantas manusia mengalami evolusi dan menyesuaikan diri sehingga semakin mengecil… mengecil dan mengecil.

Begitulah. Tuhan memang memberi terlalu banyak misteri.

Win Dede

Win Dede a.k.a Erwin D. Nugroho. Anak kampung dari pelosok Kalimantan, bermukim dan beraktivitas di belantara Jakarta. Selain menulis dan memotret, jalan-jalan adalah kegemarannya yang lain.

Beri Tanggapan (atau pilih komentar via akun media sosial)

18 tanggapan untuk “Bumi Makin Sesak, Manusia Mengecil?

  • 6 Maret 2007 pada 13:02
    Permalink

    barusan saya melihat tulisan permintaan maaf atas tidak benarnya gambar tsb.coba lihat di Sarikata.com
    loh,saya jadi bingung,nih.yang mana sih,yang benar?

  • 6 Maret 2007 pada 13:06
    Permalink

    Wah,saya dapat info dar temen-temen,ternyata foto itu berdasar dari penggunaan program Adobe.setelah saya cek ternyata betul!ini tidak bisa jadi acuan kalau itu benar-benar asli raksasa.tapi saya percaya kalau kaum aad itu gede banget.bahkan,gunung juga dijadiin rumah bagi mereka.Subhanallah!

  • 6 Maret 2007 pada 13:32
    Permalink

    Luar Bisa, Mungkin memang benar manusia pada zaman dahulu besar2, kita ga usah terlalu heran, kita lihat saja kuburan para wali-wali di indonesia saja mencapai panjang 15-20m. Jadi ga usah terlalu heran ya………………………!!!

  • 18 April 2007 pada 21:21
    Permalink

    mas…mungkin kedengarannya anak2 banget, tapi saya baru kenal blog.saya udah punya account, tapi ga bs menjadikannya blog yg enak diliat.bs kasih tips singkatnya gak? blog saya masih polos banget nih….
    makasih banget lho sebelumnya

  • Pingback: plavix

  • 21 Oktober 2007 pada 19:48
    Permalink

    menurutku siiih bener, walaupun mungkin gambar nya boongan.
    tapi teori itu diyakini benar adanya

  • 11 April 2008 pada 11:00
    Permalink

    asli ato kaga ….ga usah dipikirin…..yang penting kita yang percaya ama ADAM moyang kita aja yang percaya. orang yang kaga percaya ama manusia besar bakal dikasih tau ntar pada hari H nya…..dilangit ke 7…baru kita ketawain rame..rame…siii..iip kan prend..?moga-moga kita yang masih banyak ngingat siapa pencipta kita…akan bartambah keta’atanya…biar bisa masuk sorga rame-rame. trus kita ketawain rame-rame tuh orang…yang ga punya hati nurani tuk ngenal siapa pencipta mereka. kalo saya pribadi mah percaya ama manusia raksasa jaman dulu..pernah kepikiran ga..kalo gambar yang sering dibikin oleh peradaban fir’aun di dinding kerajaan..ada manusia berkepala anjing..ada manusia besar dan ada manusia kecil, nah itu menandakan orang-orang nya pada zaman fir’aun juga tau…bahwa pernah ada orang-orang besar ukuran raksasa ner ga…?

  • 17 Mei 2008 pada 16:06
    Permalink

    skrng aja manusia udh kecil bgdd ..
    apa lagii ntar yya. kita bentar lagi kalah gede ma semutt .. hahaha…
    cobaa aja tuu foto bener.. waaaahhh… aku pengen liat dehh … hohoho

  • 2 Juni 2008 pada 19:22
    Permalink

    entalah…. benar tidaknya gambar di atas tapi..
    yang jelas bahwa hadis nabi mengatakan :
    Abdullah bin Muhammad bercerita kepada kami bahwa, Abdur-Razaq bercerita kepada kami dari Ma’mar dari Hammam dari Abu Hurayrah r.a, dari Rasulullah SAW bersabda: “Allah menciptakan Adam, tingginya 60 hasta” (H.R Bukhari, 8:246).

  • 20 Juli 2008 pada 02:08
    Permalink

    foto tersebut palsu banget yang telah di rekayasa..
    tolong lihat gambar dengan detail..
    masa arkeleog menggunakan sekop ketika kerangka tersebut digali..

  • 10 September 2008 pada 19:51
    Permalink

    gw ga tw sih ni foto asli ato nggak,
    yg pasti kalo ini palsu, cuma 2 kata yg bisa gw kasih ke tu orang,
    “PARAH BANGEEETTT !!”
    tapi asli ato nggaknya ini foto,
    yang pasti kita tau kalo manusia jaman dulu emang gede2, banget.
    liat aja kuburan2 nabi di mekkah..

  • 24 November 2008 pada 22:08
    Permalink

    Gambar palsu sebagai pembenaran…..lucu banget……apalagi komentarnya
    Kelihatan bodohnya…….
    Pinter ada batasnya…tapi bodoh….unlimited….

  • 8 Mei 2009 pada 20:57
    Permalink

    alah boong lo orang itu….

    mau2an dikibulin ma anak kecil….

  • 23 Juli 2009 pada 15:15
    Permalink

    Dalam hadits di jelaskan bahwa: tubuh nabi Adam as tingginya 60 kaki.(HR. Bukhari). Kemudian, perhatikan ka,bah. Pertanyaannya: Apakah menurut kita tinggi? ya, pasti anda menjawab Tinggi. tahukah anda, siapa yang meninggikan bangunan ka’bah? Nabi Ibrahim as dan Ismail as. pertanyaan berikutnya: bisakah keduanya meninggikan?.

  • 9 Maret 2010 pada 18:24
    Permalink

    mungkin itu kerangka fir aun.

  • 5 Mei 2010 pada 18:26
    Permalink

    Semuanya kembali kepada ke imanan masing2… Dan berpegang kepada pedoman al-qur’an dan hadits… Ambil saja hikmah dari foto tersebut… Benar atau salah, Pro dan kontra, jangan terlalu dipermasalahkan… Yang penting, kita bisa mengambil pelajaran darinya…

  • 28 November 2014 pada 14:09
    Permalink

    dibumi itu pertama kali penghuninya hewan2 yg sangat besar lalu nabi adam turun kebumi setinggi 80 hasta pokok msalhnya 80 hasta itu berapa meter,dan usia ratusan th ,semakin lama bumi tua yg kita temui ya kita kita ini,paling tinggi 2m,jd gambar diatas benar adanya,plgi usia 70 dah koit kebnyakan,

Komentar ditutup.

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...

No Trackbacks.